KIAI JEPARA
BPS Jateng: Jepara Miliki 9.549 Kiai, Terbanyak di Jateng

Selasa, 23/2/2016
JIBI/Solopos/Antara
Foto Ilustrasi membaca Alquran. (JIBI/Harian Jogja/Antara)
Foto Ilustrasi membaca Alquran. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Kiai Jepara mencapai 9.549 orang yang membuat kota tersebut layak disebut kantong kiai.

Semarangpos.com, JEPARA –┬áKabupaten Jepara layak dijuluki sebagai kantong kiai dan ustaz di Jawa Tengah karena memiliki populasi terbanyak orang alim tersebut.

Data yang dikutip dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, Selasa (23/2/2016), menyebutkan pada 2015 di Kabupaten Jepara terdapat 9.549 kiai dan ustaz alias terbanyak dibandingkan dengan 34 kabupaten dan kota lain di Jateng.

Jepara selama ini bukan hanya dikenal sebagai Kota Ukir, melainkan basis konstituen Islam politik yang ditandai dengan kemenangan PPP di setiap pemilu sejak Pemilu 1999.

Meskipun memiliki jumlah kiai dan ustaz terbanyak, jumlah santri di Jepara kalah jauh dibandingkan dengan Kabupaten Demak yang dihuni 65.355 santri, sementara Jepara hanya ada 29.427 santri.

Pekalongan yang selama ini dijuluki sebagai Kota Santri hanya terdapat 341 kiai dan ustaz dengan santri 3.152 santri, sedangkan Kabupaten Pekalongan tercatat ada 857 kiai dan ustaz dengan 5.299 santri.

Jika populasi kiai/ustaz dan santri Kota dan Kabupaten Pekalongan digabung, jumlah kiai dan santrinya masih kalah jauh dibandingkan dengan Jepara dan Demak.

BPS Jateng yang mengutip data Kanwil Kementerian Agama Jateng menyebutkan jumlah kiai dan ustaz di Jateng sebanyak 53.505 orang dengan jumlah santri tercatat 638.288 orang. Mereka tersebar di 4.847 pesantren.

Melihat nisbah santri dengan kiai dan ustaz, secara umum rasionya bagus karena data tersebut menunjukkan setiap 12 santri diasuh seorang kiai/ustaz.

Rasio tersebut jauh lebih baik daripada nisbah guru dengan murid di sekolah dasar dan menengah di Jatenga yang rata-rata masih di atas 1:15.


Iklan Cespleng

    Iklan belum ada yang tayang.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/semarang/elements/themes/mobilev3/ads/cespleng-300.php on line 34
Pasang Iklan Anda!

ARTIKEL LAINNYA
KRIMINALITAS SURABAYA : Gandeng Kiai, Angka Kriminalitas Turun
GAGASAN : Legitimasi Ustaz dan Praktik Pengobatan
PILGUB JATENG: Bibit dan Hadi Dekati Kiai
Mbah Lim Kiai Transformatif
MENGENANG MBAH LIEM: Tokoh Nasionalis yang Nyentrik