Agar Mei 1998 Tak Terulang, Ketimpangan Sosial di Indonesia Harus Diakhiri

Senin, 17/7/2017
Rio Sandy/JIBI/Solopos
Ilustrasi pembangunan hotel (JIBI/Dok)

Syafii Maarif mengingatkan pemerintah agar segera mengatasi ketimpangan sosial di Indonesia agar tidak terulang tragedi Mei 1998.

Semarangpos.com, JAKARTA — Pemerintah diminta mempercepat pelaksanaan program pemerataan ketimpangan sosial agar tidak terjadi kerusuhan masyarakat.

Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila Ahmad Syafii Maarif mengatakan peristiwa Mei 1998 bisa terjadi jika pemerintah tidak bekerja secara cepat.

“Saya sudah bicara dengan tiga konglomerat kelas hiu, enggak saya sebut nama. Saya bilang ini kalau ketimpangan dibiarkan begini, ngamuk rakyat nanti,” kata Buya sapaan Syafii usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Senin (17/7/2017).

Dia menambahkan pemerintah saat ini sudah mencabut banyak izin tanah yang dimiliki konglomerat. Selain itu, pelaku UKM juga harus didukung dan diberdayakan.

Menurutnya, konglomerat atau pengusaha juga harus digandeng untuk membina UKM di daerah setiap kabupaten dan kota. Diharapkan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan bisa terwujud. “[ketimpangan] Ini kan sisa masa lampau semua. Sejak zaman Soeharto dulu,” ujarnya.


Iklan Cespleng

    Iklan belum ada yang tayang.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/semarang/elements/themes/mobilev3/ads/cespleng-300.php on line 34
Pasang Iklan Anda!

ARTIKEL LAINNYA
Calon incumbent gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Syafii Maarif. (JIBI/Solopos/Antara-Tim Kampanye Ganjar-Yasin) PILKADA 2018 : Syafii Maarif Nilai Baik Ganjar Pranowo
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif saat beraudiensi dengan Gerakan Masyarakat Melawan Intoleransi (Gemayomi) di Grha Suara Muhammadiyah, Jalan KH Ahmad Dahlan, Sabtu (17/2/2018). (I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja) Buya Syafii: Penganut Radikalisme adalah Kaum Putus Asa yang Patut Dikasihani
Ilustrasi Pemda DIY. (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah) Begini Kritik Dewan soal Ketimpangan yang Tinggi di DIY
Anggota DPR RI Idham Samawi saat berbicara di Reflection Day Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Selasa (22/8/2017). (Yohana Fitri Lestari/JIBI/Harian Jogja) Idham Samawi dan Syafii Maarif Jadi Pembicara Reflection Day UAJY
Naik KRL Selepas Subuh, Foto Keteladanan Syafii Maarif Bikin Haru