banner

JATENG FAIR 2017
Dihadiri Gubernur, Pesta Pembukaan Sepi

Sabtu, 12/8/2017
Jateng Fair 2017
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (dua dari kanan) bersama Sekda Provinsi Jateng, Sri Puryono, memukul bedug tanda dibukanya Jateng Fair 2017 di kompleks PRPP Jateng, Semarang, Jumat (11/8/2017) malam. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Jateng Fair 2017, acara pembukaannya berlangsung kurang meriah alias sepi.

Semarangpos.com, SEMARANG — Acara pembukaan pesta rakyat Jateng Fair 2017 tak sesuai ekspektasi. Pembukaan acara pesta rakyat yang diklaim terbesar di Jawa Tengah (Jateng) itu berlangsung kurang meriah karena sepi pengunjung.

Pembukaan Jateng Fair 2017 yang digelar di kompleks Pekan Raya Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah (Jateng), Semarang, Jumat (11/8/2017) malam itu dihadiri langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Selain Ganjar, beberapa pejabat Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang juga hadir di acara itu.

Pembukaan pesta rakyat yang tahun ini mengambil tema Paradise of Karimunjawa itu ditandai dengan pemukulan bedug oleh Ganjar. Setelah itu, pesta kembang api menyemarakan acara pembukaan disusul penampilan artis kawakan Fariz R.M. yang berkolaborasi dengan grup musik lokal Kota Semarang, CongRock.

Penampilan Fariz R.M. memang cukup memikat. Meski usianya sudah menginjak 58 tahun, musikus jazz yang pernah terjerat kasus narkoba itu tetap bersemangat membawakan beberapa lagu andalannya, salah satunya Barcelona.

Fariz R.M.

Penampilan Fariz R.M. dalam acara pembukaan Jateng Fair di PRPP Jaten, Semarang, Jumat (11/8/2017) malam. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Kendati demikian, acara pembukaan itu berlangsung ‘garing’ atau kurang meriah. Pengunjung yang hadir, yang berasal dari kalangan pejabat, seakan tak beraksi mendengar lagu-lagu hits Fariz R.M.

Masyarakat atau warga Jateng, khususnya yang ada di Semarang, juga terkesan acuh tak acuh dengan acara itu. Terbukti, sedikit dari mereka yang datang ke acara pembukaan event yang rencana digelar selama sebulan penuh, mulai 11 Agustus-10 September 2017 itu.

Salah satu pengunjung yang hadir dalam acara pembukaan itu, Pendi, mengaku terkejut dengan sepinya acara pembukaan Jateng Fair 2017. Ia menilai acara pembukaan Jateng Fair kali ini lebih sepi dibanding tahun lalu.

Jateng Fair 2017

Penampilan para penari dalam pembukaan Jateng Fair 2017 di PRPP Semarang, Jumat (11/8/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

“Ini acara pembukaan loh. Kok bisa sesepi ini ya? Acara pembukaannya juga tidak meriah. Tahun lalu, acara pembukaannya lebih meriah,” ujar pemuda yang mengaku berdomisili di Jl. Puspanjolo itu saat berbincang dengan Semarangpos.com di sela menyaksikan acara pembukaan Jateng Fair 2017.

Bukan hanya acara pembukaan yang terlihat sepi. Hampir seluruh stan yang disajikan di kompleks yang berada di sekitar kawasan Pantai Marina itu juga minim pengunjung.

Salah satu penjaga stan makanan ringan, Jamilatun, mengaku sejak dibuka sekitar pukul 16.00 WIB, tak banyak pengunjung yang hadir. “Sepi banget. Padahal, kami kejar target penjualan. Enggak tahu kenapa kok sepi? Mungkin promosinya kurang atau kemasan acara pembukaannya kurang bagus,” ujar perempuan yang akrab disapa Atun itu.

Jateng Fair 2017.

Dua penjaga stan di Jateng Fair terlihat duduk santai karena sepinya pengunjung. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Y.S.)

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menaruh harapan besar terhadap acara Jateng Fair itu. Politikus dari PDI Perjuangan itu berharap Jateng Fair 2017 bisa menjadi sarana promosi bagi Pemprov Jateng maupun pemerintah kabupaten/kota memperkenalkan produk-produk unggulannya.

“Harapan kami event ini grade-nya bisa naik ke tingkat nasional. Event ini juga bisa menjadi sarana pemerintah kabupaten dan kota di Jateng mempromosikan produk unggulannya. Sementara bagi masyarakat, event ini juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan. Tentunya, harapan kami stan-stan yang ada di sini tidak menjual dagangan dengan harga yang nge-pruk [setinggi langit],” beber Ganjar.

Jateng Fair 2017

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memukul bedug tanda dimulainya Jateng Fair 2017. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Jateng Fair 2017 ini akan berlangsung sebulan penuh. Tak hanya menampilkan berbagai produk unggulan daerah-daerah di Jateng melalui berbagai stan pameran pembangunan, event ini juga akan menampilkan pertunjukan musik dari beberapa artis ibu kota.

Untuk masuk ke arena Jateng Fair, masyarakat hanya dikenai tiket Rp15.000/lembar pada hari biasa atau Senin-Jumat. Sementara untuk weekend atau akhir pekan, tiket yang dijual lebih mahal, Rp20.000/lembar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Iklan Cespleng
Pasang Iklan Anda!

ARTIKEL LAINNYA
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra) Elite PDIP Masih Percaya Ganjar Kembali Menangi Pilkada Jateng
Sampah di Lapangan Pancasila seusai acara Salatiga Bersholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf di Lapangan Pancasila atau yang kerap disebut Pansi, Kota Salatiga, Jateng, Selasa (15/8/2017). (Facebook.com-Anas Wibowo) KEBERSIHAN SALATIGA : Warganet Sayangkan Pengajian di Lapangan Pancasila Sisakan Sampah
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kiri) makan siang bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kedua dari kiri), Pangdam IV Diponegoro Jaswandi (kedua dari kanan), dan Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir (tengah) di Rumah Makan Bakso Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Rabu (16/8/2017). (Instagram-@ganjar_pranowo) GUBERNUR JATENG : Makan Bareng Menteri Susi, Gubernur Ganjar Diingatkan Makan Ikan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan) memimpin Upacara Peringatan HUT Jateng ke-67 di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jateng, Selasa (15/8/2017). (Instagram-@ganjar_pranowo) HUT JATENG : Pimpin Upacara, Gubernur Jateng Tampil Ganteng
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (Instagram.com) HUT JATENG : Peringati Hari Jadi Jateng, Ganjar Minta Maaf