Sisi Lain Pasar Gede Digambarkan dalam Film Panjang

Kamis, 12/10/2017
Ilustrasi Pasar Gede Solo
Pasar Gede Solo (Dok/JIBI/Solopos)

Sisi lain Pasar Gede diangkat dalam garapan film panjang berjudul Sargede Kumandang oleh sutradara Solo Iswahyudi Tedjo Yuwono.

Semarangpos.com, SOLO--Sisi lain Pasar Gede diangkat dalam garapan film panjang berjudul Sargede Kumandang oleh sutradara Solo Iswahyudi Tedjo Yuwono. Tak sekadar cerita sejarah dan kebudayaan, sutradara sekaligus produser yang akrab disapa Uud ini mengulas ulang isu-isu sosial pasar selama lebih dari satu jam. Konflik ekonomi, percintaan, hingga keberagaman budaya yang menjadi bagian dari sejarah panjang pasar. Untuk mengangkat sisi lain Pasar Gede, Uud memasukkan konflik antara penjual dawet bernama Aning dengan preman pasar, Kenthus.

Serta persahabatan dua pemuda Jawa dan Tionghoa. Kisah Pasar Gede kemudian ditutup dengan puncak perayaan Imlek dalam Grebeg Sudiroprajan yang digelar tiap tahun. Sesuai dengan aktivitas sehari-hari pedagang dan pembeli, semua adegan menggunakan Bahasa Jawa. “Kenthus ini yang saya gunakan sebagai aktor yang mengantarkan kita pada semua sudut pasar,” kata dia.

Saat diwawancara solopos.com di Hartono Mall Solo Baru, Selasa (10/10/2017), Uud mengatakan ide dasarnya dari naskah teater karya Bambang Sugiarto dan Wiharto berjudul Pasar Gede. Namun narasi cerita tidak sepenuhnya diambil dari karya tersebut. Tak hanya dari naskah teater, riset pendek dan wawancara juga dilakukan untuk menguatkan latar belakang ceritanya. Uud mengatakan proses shooting film bagian dari tugas akhir ujian Prodi Penciptaan Film Pasca Sarjana ISI Solo ini dilakukan dua kali.

Prosesnya dimulai dengan pengambilan video Grebeg Sudiro pada akhir Januari. Setelah itu ia baru melakukan shooting adegan di pasar beberapa bulan lalu. Dengan melibatkan para pemain dari Solo dan Jogja. Salah satunya seniman Solo Sosiawan Leak yang memerankan sosok Kenthus. Film keenam Uud ini ditayangkan gratis di Platinum Cineplex Hartono Mall, Selasa, siang setelah diujikan kepada para pembimbing.

Sebelumnya ia juga menggarap beberapa film tetapi karya-karya dokumenter. Meski belum tayang secara luas, Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini mengatakan akhir karyanya bakal diputar dalam Festival Film bergengsi di Taiwan akhir Oktober.

“Film ini menggambarkan pasar secara umum. Namun keberagaman Pasar Gede dengan berbagai suku budaya menjadi poin utama karya ini,” kata dia.


Iklan Cespleng
  • RUMAH DIJUAL JUAL RUMAH DI BADRAN Kota Barat 140M2 (2,9M / Nego ) Hubungi:081.2260.0880 TP (A0060610201…
  • RUMAH DIKONTRAKKAN PERUM NGRINGO Palur,LingBgs,Strgs,DktMsjid,3KT/2KM=08122636912 (A00231102017) OPER KONTRAK…
  • SERVICE SERVIS SGALA:Kulkas,M.Cuci,Hiter,Dispens,Kami Dtg:081327198581 (A00121102017) SERVICE Pang…
  • SERBA-SERBI JL/BL Bks:Meubel,Elektronik,Etalase,Dll,Diambil081393655573 (A01568092017) GADAI/BELI Lapt…
  • TANAH DIJUAL SHM 1385/225jt.Pekarangn,AksesJl 4M,Uk Tnh LD-+10mx140m,Jl Payaman-Tambas,kismoyoso,Ngempl…
Pasang Iklan Anda!

ARTIKEL LAINNYA
Pekerja membuang genangan air di lubang galian untuk fondasi gapura Pendapi Gede Balai Kota Solo, Kamis (7/9/2017). (Indah Septiyaning W./JIBI/Solopos) Genangan Air Muncul saat Penggalian Fondasi Gapura Pendapi Gede Balai Kota Solo
Badan jalan berlubang cukup besar terlihat di Jl. Urip Sumoharjo, Pasar Gede, Solo, Senin (1/5/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos) INFRASTRUKTUR SOLO : Berlubang, Jembatan Cagar Budaya Pasar Gede akan Dikaji Pemkot
Stafsus Menteri Perdagangan, Eva Y (dua dari kiri) dan Kadin Perdagangan Solo, Subagiyo (paling kiri) memantau harga sayuran dan cabai di Pasar Gede Solo, Minggu (7/5/2017) pagi. (Shoqib Anggriawan/JIBI/Solopos) HARGA SEMBAKO SOLO : Blusukan Kemendag di Pasar Gede: Harga Bahan Pokok Naik Signifikan
Stafsus Menteri Perdagangan, Eva Y (dua dari kiri) dan Kadin Perdagangan Solo, Subagiyo (paling kiri) memantau harga sayuran dan cabai di Pasar Gede Solo, Minggu (7/5/2017) pagi. (Shoqib Anggriawan/JIBI/Solopos) Pantau Harga Sembako, Kemendag Blusukan di Pasar Gede Solo
Ilustrasi sambal pecel (Blogdetik.com) KOMODITAS PANGAN : Harga Cabai Turun, Produsen Sambal Senang