INFO HIDUP SEHAT
Hati-Hati! Obat Penghilang Rasa Sakit Bikin Kecanduan

Kamis, 08/2/2018
Ilustrasi minum obat tidur (JIBI/Solopos/Detik/Suherni)
Ilustrasi minum obat tidur (JIBI/Solopos/Detik/Suherni)

Info hidup sehat kali ini tentang bahaya obat penghilang rasa sakit yang bisa membuat kecanduan.

Semarangpos.com, SOLO – Obat penghilang rasa sakit memang sangat umum dipakai. Obat yang satu ini kerap dikonsumsi untuk menghilangkan nyeri di sekujur tubuh. Apapun jenis sakitnya, obat ini selalu ada di hampir semua resep yang diberikan dokter kepada pasien.

Obat penghilang rasa sakit ini membantu seseorang beristirahat. Namun, sebenarnya apakah obat penghilang rasa sakit itu benar-benar diperlukan? Dilansir Boldsky, Rabu (7/2/2018), obat penghilang rasa sakit biasanya dikonsumsi oleh orang yang sedang migrain hingga nyeri akibat terbentur.

Sebelum minum obat penghilang rasa sakit, sebaiknya Anda mencari tahu dulu sumber penyakit tersebut. Setiap rasa sakit memiliki sumber yang berbeda. Jika rasa sakit yang timbul akibat cedera, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk meminta terapi khusus. Sebab, minum obat penghilang rasa sakit dalam waktu lama berbahaya bagi kesehatan ginjal.

Sebaiknya Anda mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dengan resep dokter. Jangan sampai Anda nekat mengonsumsi obat keras ini tanpa resep karena akan menimbulkan bahaya bagi tubuh. Obat ini termasuk jenis yang berbahaya. Jika dikonsumsi terlalu banyak, bisa jadi Anda akan ketagihan.

Berdasarkan sejumlah hasil penelitian, ada ribuan orang di dunia ini yang kecanduan obat penghilang rasa sakit. Mereka biasanya merasa lega setelah meminum obat tersebut. Dalam kondisi terburuk, mereka akan terus meminum obat itu meski tidak merasakan sakit apapun.

Padahal, efek samping obat penghilang rasa sakit ini cukup berbahaya. Anda akan mengalami masalah pencernaan, pusing, kelelahan, tekanan darah menurun, hingga serangan jantung. Selain itu, orang yang sudah kecanduan obat ini berisiko tinggi mengonsumsi narkoba. Sebab, suatu saat nanti mereka akan menjadi kebal terhadap obat tersebut karena dosisnya dianggap terlalu rendah.

Jika sudah masuk dalam tahap kecanduan, maka Anda harus segera meminta bantuan dokter untuk mengatasinya. Sebab, penggunaan obat penghilang rasa sakit dalam jangka waktu lama menyebabkan kerusakan organ vital. Obat yang satu ini mengandung zat kimia berbahaya yang merusak organ vital, seperti ginjal, hati, dan jantung. Jika dikonsumsi terus menerus, kinerja organ tersebut akan melemah dan akhirnya rusak.

Jadi, mulai sekarang sebaiknya berhati-hatilah saat hendak mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Jangan sampai Anda kecanduan obat tersebut yang justru menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh.


Iklan Cespleng

    Iklan belum ada yang tayang.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/semarang/elements/themes/mobilev3/ads/cespleng-300.php on line 34
Pasang Iklan Anda!

ARTIKEL LAINNYA
Ilustrasi chatting (Pictagram) TIPS CINTA : Ini Dampak Negatif Umbar Hubungan Cinta di Medsos
Ilustrasi menggigit kuku (Boldsky) INFO HIDUP SEHAT : 5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Merusak Gigi
Ilustrasi beristirahat (Boldsky) TIPS KESEHATAN : 5 Cara Sembuhkan Radang Tenggorokan Tanpa Obat Kimia
Ilustrasi orang kelaparan (Youtube) INFO KESEHATAN : Ini yang Dialami Tubuh Jika Tidak Makan Seharian
Foto ilustrasi: Kehadiran jerawat bisa dicegah dengan menghindari makanan pemicu jerawat. (acnetreatment.us) INFO HIDUP SEHAT : Hindari! 5 Makanan Ini Bikin Jerawat Makin Parah