CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI
11 Maret 1966, Soekarno Tanda Tangani Supersemar

Minggu, 11/3/2018
Supersemar versi Pusat Sejarah Dan Tradisi TNI. (Wikimedia.org)
Supersemar versi Pusat Sejarah Dan Tradisi TNI. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari seluruh belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 11 Maret.

Semarangpos.com, SOLO — Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 11 Maret. Salah satu peristiwa penting dunia yang terjadi pada 11 Maret adalah ditandatanganinya Supersemar oleh Presiden Soekarno.

Masih banyak momentum bersejarah terkait tanggal 11 Maret. Dihimpun Semarangpos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 11 Maret.

1879
Kekuasaan Kerajaan Ryukyu di Kepulauan Ryukyu runtuh setelah kerajaan tersebut ditaklukkan Jepang. Kerajaan Ryukyu runtuh setelah berkuasa di Kepulauan Ryukyu sejak 1429. Kini, wilayah Ryukyu dikenal sebagai wilayah Kepulauan Okinawa.

1944
Jerman mulai menarik pasukannya dari dua wilayah di Ukraina, yakni Kota Umandan wilayah dekat Sungai Dneiper. Penarikan pasukan tersebut menjadi salah satu tanda melemahnya Jerman dalam Perang Dunia II.

Kapal induk AS dperbaiki setelah diserang pasukan Jepang di Atol Ulithi, 11 Maret 1945. (Wikimedia.org)

Kapal induk AS dperbaiki setelah diserang pasukan Jepang di Atol Ulithi, 11 Maret 1945. (Wikimedia.org)

1945
Pasukan Jepang melakukan kamikaze—serangan bunuh diri dengan menabrakkan pesawat—ke arah pasukan Amerika Serikat (AS) di Atol Ulithi, Samudera Pasifik. Jepang harus membayar mahal serangan tersebut dengan hancurnya 13 pesawat tempur dan tewasnya 60 hingga 70 tentaranya. Sedangkan kerugian AS hanya berupa kerusakan pada kapal induknya dan 26 tentaranya tewas.

1966
Presiden Soekarno menandatangani surat perintah yang kini dikenang sebagai Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar). Berdasarkan versi yang dipublikasikan Markas Besar Angkatan Darat, Surat tersebut berisi perintah yang menginstruksikan Soeharto, selaku panglima komando operasi keamanan dan ketertiban (pangkopkamtib), untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk mengatasi situasi keamanan yang buruk pada saat itu. Namun demikian, sebagian kalangan sejarawan Indonesia mengatakan terdapat berbagai versi Supersemar.

Didier Yves Drogba Tebily. (Independent.co.uk)

Didier Yves Drogba Tebily. (Independent.co.uk)

1978
Didier Yves Drogba Tebily lahir di Abidjan, Pantai Gading. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Chelsea, pada 2004 hingga 2012 dan pada 2014 hingga 2015. Kini, ia membela salah satu klub di Amerika Serikat (AS) Phoenix Rising FC.

1988
Fabio Alexandre Silva Coentrao dilahirkan di Vila do Conde, Porto, Portugal. Kini, namanya terkenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub raksasa di Spanyol, Real Madrid, sejak 2012. Namun, ia dipinjamkan ke klub Prancis, AS Monaco, pada 2015 sampai 2016, dan klub Portugal, Sporting Clube de Portugal, pada 2017 hingga kini.

1985
Mikhail Gorbachev resmi menjadi pemimpin Uni Soviet menggantikan Konstantin Chernenko yang meninggal dunia sehari sebelumnya. Gorbachev menjabat selama kurang lebih enam tahun hingga runtuhnya Uni Soviet pada 1991.

1990
Lituania memulai pertempuran untuk memisahkan diri dari Uni Soviet. Lituania adalah negara pertama yang secara terang-terangan ingin memisahkan diri dari Uni Soviet.

2010
Israel mengumumkan pembangunan permukiman baru berisi ribuan rumah di Yerusalem Timur. Pembangunan permukiman tersebut membuat pihak Palestina berang dan menganggap Israel telah melanggar perjanjian untuk tidak mendirikan permukiman baru.

2011
Gempa berkekuatan 9,0 skala Richter mengguncang wilayah Sendai, Jepang. Gempa bumi tersebut  memicu tsunami menewaskan ribuan orang. Bencana itu juga memicu terjadinya kecelakaan nuklir terbesar kedua sepanjang sejarah.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 9 Maret

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Maret


Iklan Cespleng

    Iklan belum ada yang tayang.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/semarang/elements/themes/mobilev3/ads/cespleng-300.php on line 34
Pasang Iklan Anda!

ARTIKEL LAINNYA
Cek US$7,2 juta yang digunakan untuk membayar akuisisi Alaska dari Rusia. (Wikimedia.org) CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 30 Maret 1867, Alaska Dibeli AS dari Rusia
Katedral di Lubeck, Jerman rusak dibombardir pasukan Inggris, 29 Maret 1942. (Wikimedia.org) CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 29 Maret 1945, Serangan Besar Pertama Inggris ke Jerman
Gambaran sosok Pangeran Diponegoro. (Wikimedia.org) CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 28 Maret 1830, Pangeran Diponegoro Ditangkap Belanda
Surat kabar yang mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik Argentina dengan kekuatan Poros pada 26 Januari 1944, sehari sebelum Argentina menyatakan perang terhadap Blok Poros. (Wikimedia.org) CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 27 Maret 1945, Argentina Perangi Blok Poros
CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 26 Maret 1968, Soeharto Dilantik Sebagai Presiden